Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Akses Pasar Global, I-CA CEPA ke-7 Rundingkan SPK secara Intensif

  • Kamis, 14 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1996 kali

Indonesia dan Kanada telah bersepakat untuk melakukan perundingan dalam rangka mengembangkan kerja sama perdagangan bebas dalam kerangka Indonesia - Canada Comprehensive Partnership Agreement (CEPA). Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam pertemuan khusus dan sebagai Lead dalam pembahasan Chapter Technical Barriers to Trade / Standards, Technical Regulation and Conformity Assessment Procedures (TBT/STRACAP) yang memasuki putaran ke-7, pada tanggal 7-8 Maret 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

Pada putaran ini terdapat beberapa kelompok kerja yang berunding paralel membahas pengaturan dalam memfasilitasi perdagangan barang, perdagangan jasa, aturan asal barang, pengadaan barang dan jasa pemerintah, investasi, kekayaan intelektual, kepabeanan dan fasilitasi perdagangan hingga lingkungan serta jasa telekomunikasi.

Dalam pertemuan ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Dewi Komalasari bersama Perwakilan dari BSN, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Berkenaan dengan keberterimaan produk, Indonesia – Kanada mendorong Badan Akreditasi serta Lembaga Penilaian Kesesuaian masing-masing untuk berpartisipasi dalam pengaturan kolaborasi untuk saling menerima atas hasil penilaian kesesuaian, “Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah satu-satunya Lembaga di Indonesia yang memiliki Mutual Recognition Arrangement (MRA) saling pengakuan di bidang akreditasi tingkat internasional melalui ILAC/IAF,” ungkap Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo dalam forum.

Sementara itu, Delegasi dari Kanada dipimpin oleh Francis Dorsemaine dari Global Affairs Canada yang didampingi perwakilan dari Standards Council of Canada (SCC) dan divisi Legal Global Affairs Canada.

Pada putaran intersesi sebelumnya, Kanada telah menyampaikan proposal draft counter untuk Chapter Technical Barriers to Trade / Standards, Technical Regulations, and Conformity Assessment Procedures (TBT/STRACAP) dan pada putaran kali ini dilakukan pendalaman intensif keseluruhan proposal draft text secara terperinci yang mencakup isu standar, regulasi teknis, prosedur penilaian kesesuaian, transparansi, kerja sama dan unsur pendukung lainnya. Kedua pihak menyampaikan pandangan, klarifikasi dan masukan terhadap proposal tersebut berdasarkan sistem yang berlaku di negara masing-masing. (PjA - Humas)

 

Galeri Foto: Tingkatkan Akses Pasar Global, I-CA CEPA ke-7 Rundingkan SPK secara Intensif




­