Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Selenggarakan Focus Group Discussion Asesor dan Panitia Teknis Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan

  • Kamis, 14 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1332 kali

Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Asesor dan Panitia Teknis Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan pada Kamis (13/03/2024) secara daring.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Rahardjo mengatakan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai persyaratan tambahan skema akreditasi untuk laboratorium lingkungan menjadi penting dan harus menjadi perhatian khusus karena laboratorium lingkungan di Indonesia semakin banyak dibutuhkan.

"Ini sebagai implementasi bentuk kerja sama yang sudah dibangun cukup lama antara BSN dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam upaya untuk memperbanyak laboratorium-laboratorium yang diregistrasi oleh KLHK, kegiatan FGD ini diharapkan menjadi upaya menambah personel asesor teknis dan juga menambah pengetahuan mendalam bagi asesor yang sudah ada", tambah Sugeng.

FGD menghadirkan pemateri Asesor Komite Akreditasi Nasional (KAN), Sonly H. Saragih, dengan fokus pembahasan K3 di laboratorium serta implementasinya untuk pemenuhan persyaratan asesmen gabungan dengan laboratorium lingkungan.

FGD dihadiri oleh para asesor dan panitia teknis KAN dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan umpan balik antara peserta dengan para pemateri, problem solving kendala di lapangan serta kebijakan KAN terkait beberapa aspek teknis dalam pelaksanaan asesmen.(Awg-humas)




­