Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Ingat, Matikan Listrik saat Mudik Lebaran

  • Jumat, 19 Agustus 2011
  • 757 kali
Kliping Berita

Oleh: Ageng Rustandi

INILAH.COM, Bandung - PT PLN Distribusi Jawa Barat Banten (DJBB) mengimbau masyarakat untuk melakukan langkah-langkah antisipasi sebelum mudik Lebaran 2011. Salah satunya dengan mematikan listrik yang tidak digunakan.

"Jangan tinggalkan rumah sebelum memastikan aliran listrik yang tidak digunakan mati. Seperti mencabut kabel alat elektronik di stop kontak yang tak akan digunakan. Selain itu masyarakat kerap menumpukkan terminal di satu stop kontak, baiknya satu stop kontak satu alat listrik," imbau Deputi Communication Manager PLN DJBB Adang Djarkasih kepada wartawan, Jumat (19/8/2011).

Adang menambahkan imbauan tersebut disampaikan untuk menghindari terjadinya arus pendek listrik yang bisa menimbulkan kebakaran. Selama ini, akunya, kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi hal tersebut masih cukup rendah.

"Salah satunya saat mereka menaikkan daya listrik misalnya dari 450 watt menjadi 2.000 watt tapi kabel yang digunakan sama dan tidak diganti," terangnya.

Untuk itu masyarakat diimbau menggunakan kabel yang telah memiliki standar SNI dan jangan terbuai dengan harga kabel yang murah.

"Masyarakat harus lebih teliti memilih alat listrik termasuk kabel. Dan hal yang paling mudah membedakannya yakni dilihat dari diameter kabel," tegasnya. [gin]

Sumber: inilahjabar.com / Jumat, 19 Agustus 2011
Link: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1766815/ingat-matikan-listrik-saat-mudik-lebaran




­