Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mudik Lebaran, Bikers Diimbau Pakai Helm SNI

  • Jumat, 19 Agustus 2011
  • 980 kali
Kliping Berita

Oleh: Baban Gandapurnama - detikBandung

Bandung - Polisi mengimbau bikers yang hendak mudik lebaran 2011 baik pengemudi ataupun penumpang untuk memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Itu demi keamanan dan keselamatan pengendara sepanjang perjalanan mudik.

"Setiap tahun para pemudik didominasi pengendara sepeda motor. Yang perlu diperhatikan selain kesiapan kendaraan, pengendara motor juga diimbau menggunakan helm yang sesuai standarisasi," kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Agus Rianto saat ditemui dihubungi wartawan, Jumat (19/8/2011).

Menurut Agus, penggunaan helm yang terjamin kualitas dan keamanannya sangat penting bagi pengendara. Selain itu, fungsi pelindung kepala sesuai standar untuk mencegah terjadinya kecelakaan lebih fatal kepada pengemudi dan penumpangnya.

"Jangan lupa cara pemakaiannya juga. Helm itu harus diklik agar tak lepas dan tetap melekat," pesan Agus.

Khusus pengendara sepeda motor diminta tidak membawa penumpang melebihi kapasitas atau lebih dua orang. selain itu, sebaiknya tidak membonceng anak kecil sepanjang jalur mudik.

Agus mengatakan pada arus mudik dan balik lebaran 2009 terjadi 102 kasus kecelakaan, sementara pada 2010 terjadi 95 kasus kecelakaan. Kasus kecelakaan saat arus mudik dan balik setiap tahunnya didominasi kendaraan roda dua atau sepeda motor.

"Mayoritas kecelakaan itu disebabkan karena faktor kelelahan para pengendara," ucapnya.

Menurut Agus, kecelakaan itu merata di jalur mudik wilayah Jabar seperti jalur utara, tengah, dan selatan.

"Selain faktor kelelahan, kecelakaan juga dipicu karena kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, serta pemudik yang terburu-buru mengejar waktu karena ingin cepat sampai kampung halaman," tutup Agus.

(bbn/ern)

Sumber: bandung.detik.com / Jum’at, 19 Agustus 2011
Link: http://bandung.detik.com/read/2011/08/19/092838/1706539/486/




­