Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Cara Tepat Menggunakan Termometer Gun

  • Senin, 23 Maret 2020
  • 9677 kali

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai langkah pencegahan virus corona yang ditandai dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sesak napas, berbagai perusahaan, restoran, dan mal sudah melakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan termometer tembak atau termometer non-kontak.

Namun banyak orang yang mengeluhkan ketika suhu tubuhnya dicek, menunjukkan angka yang 'aneh' baik rendah atau terlalu tinggi. Misalnya 30 derajat celcius atau pun lebih tinggi daripada normal. Normalnya suhu tubuh manusia berkisar antara 35-37 derajat celcius.

Ada beberapa tips penggunaan termometer tersebut untuk mengukur suhu badan agar mendapat suhu yang tepat dikutip dari Badan Standarisasi Nasional.

  1. Gunakan termometer klinik

Perhatikan termometer yang dipilih, dan pastikan termometer tersebut adalah termometer klinik bukan industri. Termometer klinik dirancang khusus untuk

mengukur suhu badan dengan rentang ukur 30 derajat Celcius - 42 derajat Celcius  sehingga memberikan hasil pengukuran suhu badan yang tepat.

Sedangkan termometer industri punya rentang ukur suhu tubuh yang lebih tinggi sehingga akan menimbulkan kesalahan yang relatif lebih tinggi.

  1. Pakai sarung tangan

Gunakan sarung tangan ketika akan memakai termometer. Hal ini dilakukan untuk menghindari panas dari telapak tangan si pengguna termometer.

  1. Ganti baterai berkala

Semakin lama termometer daya baterai termometer akan berkurang. Hal ini akan berpengaruh pada hasil pembacaan suhu tubuh seseorang.

  1. Tempatkan termometer di depan dahi sesuai dengan jarak yang tercantum dalam buku petunjuk

Jarak ukur dari termometer ke dahi akan sangat memengaruhi hasil pembacaan. Jarak yang terlalu jauh akan menyebabkan suhu badan terdeteksi lebih rendah dari yang sebenarnya.

  1. Ulangi pengukuran

Suhu badan di atas 37,5°C menunjukkan gejala demam. Sebaliknya, suhu di bawah 35 °C juga terlalu rendah bagi manusia yang sehat. (chs)

 

Link https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200320153853-255-485387/cara-tepat-menggunakan-termometer-gun




­