Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Bersama PTB Gelar Workshop Tentang Ketidakpastian

  • Senin, 10 Juli 2023
  • 1161 kali

 

Dalam upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan personil Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Kimia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam mengestimasi ketidakpastian pada pengukuran kimia, Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia - BSN bekerjasama dengan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB - German Metrology Institute) menyelenggarakan Workshop on the Estimation of Uncertainty of Chemical Measurement. Workshop berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 3 - 5 Juli 2023 di Gedung Laboratorium SNSU-BSN, Komplek Puspiptek, Serpong.

Workshop ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama antara BSN dan PTB terkait “Strengthening Quality Infrastructure Services for Environmental and Climate Monitoring in Indonesia”. Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan dari PTB, Sandra Imelda, dan perwakilan dari Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia-BSN, Dyah Styarini, selaku Ketua Tim Kerja SNSU Kimia.

Selain personil dari Laboratorium SNSU-Kimia BSN, workshop ini diikuti pula oleh personil internal BSN yaitu dari Laboratorium SNSU-Biologi, dan Direktorat Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian. Sedangkan dari luar BSN, workshop ini diikuti oleh personil laboratorium analisis lingkungan dari beberapa instansi, diantaranya Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BPSJI) Medan, Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri (BSPJPPI) Semarang, Laboratorium Jasa Pengujian Kalibrasi dan Sertifikasi Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Pusat Standardisasi Instrumen Kualitas Lingkungan Hidup (PSIKLH).

Tenaga ahli PTB di bidang kimia analitik dan jaminan mutu hasil pengukuran, Dr. Ian Ken D. Dimzon, bertindak sebagai instruktur workshop. Pengetahuan dasar, berbagai perdekatan perhitungan dan tahapan-tahapan terkait estimasi ketidakpastian pengukuran kimia disampaikan dengan metode penyampaian dua arah, diskusi interaktif antara instruktur dan peserta workshop. Pada hari terakhir workshop, para peserta diberikan studi kasus berbagai macam pengukuran kimia (seperti pengukuran dengan menggunakan Gas Chromatography Mass Spectrometer, Inductively Coupled Plasma Mass Spectrometry, dan pH) untuk diestimasi ketidakpastian pengukurannya dan juga asesmen terhadap pemahaman peserta terkait materi.

Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid berharap, workshop ini dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi personil laboratorium tentang estimasi ketidakpastian pengukuran, khususnya dalam analisis/uji kimia. “Semoga SNSU BSN dapat berkolaborasi lebih baik lagi dengan laboratorium analisis lingkungan dari beberapa instansi dalam hal peningkatan kapabilitas personil laboratorium,” ujarnya saat menutup workshop pada Rabu (5/7/2023) di Gedung laboratorium SNSU-BSN, Serpong. (HB,CE,DS/ed:ald-Humas)




­